Manfaat Wadung Untuk Kesehatan

Manfaat Wadung Untuk Kesehatan
==================================







Wadung merupakan sayuran buah khas Banyuwangi. Bentuknya mirip jeruk, warnanya oranye dan bulat. Kabarnya rasanya enak sekali kalau dimakan, namun kalau dibelah akan keluar lendirnya, dan padat teksturnya. Mayoritas masyarakat memakai bagian kulitnya untuk dijemur supaya kering, lalu dijadikan bumbu dapur untuk digunakan sebagai perasa asam saat memasak. Cocok sekali untuk memperlezat cita rasa sayur asem, agar tambah segar dan nafsu makan semakin meningkat.

Meskipun sayur ini termasuk masih sangat asing nama, wujud, dan keberadaanya. Namun ternyata di daerah Banyuwangi sangat melimpah ruah jumlahnya. Orang zaman dahulu banyak yang menanamnya dan jadikan sebagai obat seperti Obat Titan Gel, akan tetapi sayangnya sekarang sudah mulai sedikit yang masih suka membudidayakan tumbuhan ini.Sehingga kini Wadung tergolong menjadi sayuran yang langka, serta unik. Selanjutnya kami akan menyebutkan, dan menjelaskan mengenai manfaat sayur wadung nya berikut ini.

manfaat wadung, sayur khas banyuwangi, buah wadung
1. Sebagai Anti Inflamasi

Wadung memiliki kandungan vitamin K yang bertindak sebagai anti inflamasi, dalam tubuh manusia apabila dikonsumsi. Beraneka ragam penyakit berbahaya menjadi tak menyerang dengan adanya hal itu. Maka dari itu, seringlah mengonsumsinya supaya asam folat yang ada pada sayur tersebut dapat membantu memperlancar prosesnya, sehingga sistem kardiovaskular kamu terjaga dari bebagai penyakit..
2. Mengatasi Susah BAB

Sebaiknya, jika kamu ingin memakan Wadung, pilihlah yang masih muda saja. Supaya seratnya kualitasnya bagus, dan tidak mengeras. Sehingga sering mengonsumsinya akan bermanfaat sekali untuk mengatasi susah BAB atau yang biasa kita sebut dengan nama sembelit.
3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Adanya kandungan makronutrisi pada Wadung, seperti kalsium, vitamin A, bata karoten, fosfor, magnesium, vitamin C dan B. Insomnia yang dialami seseorang akan dapat teratasi dengan baik. Karena semua asupan tersebut, mampu merilekskan pikiran sehingga membuat tidur semakin meningkat kualitasnya.
4. Mengandung Zat Besi

Tercukupinya kandungan zat besi pada Wadung, menjadikan manusia terhindar dari anemia, sakit kepala, dan mudah sakit. Dengan adanya 25% kandungan tersebut pada setiap butir sayur ini, ternyata berguna juga untuk kesehatan. Ini sangatlah efektif buat dijadikan makanan keseharian, bagi para pekerja yang memiliki jadwal padat.
5. Membantu Penyembuhan Mata Minus

Zat yang sangat dibutuhkan untuk menyehatakan mata adalah vitamin A dan beta karoten. Wadung ini mempunyai kedua kandungan tersebut. Orangtua zaman dahulu kerap mengunakannya sebagai obat tradisional, untuk mengurangi minus pada mata, sehingga kalau teratur dikonsumsi maka akan dapat sembuh total.
6. Mengobati Penyakit Kuning

Penyaki kuning terjadi akibat ada kerusakan pada hati, sehingga fungsinya tak dapat stabil. Karakteristik orang yang menderita penyakit itu, adalah lidah serta kulitnya berubah warnanya menjadi kekuningan. Ternyata salah satu manfaat Wadung bisa mengobatinya, maka silahkan saja mencobanya.
7. Meringankan Sakit Gigi

Rebuslah satu gelas air dan sayur Wadung sampai mendidih, kemudian tambahkanlah sedikit garam. Konon orang menggunakan cara ini untuk meringankan sakit gig. Supaya tidak terlalu menyakitkan rasanya. Namu gunakanlah selagi masih hangat, jangan sampai menunggu dingin sekali.
8. Mengandung Vitamin C

Bikan hanya dapat menyembuhkan sariawan, vitamin C pada Wadung juga mampu mencegah timbulnya penyakit berbahaya. Seperti diabetes, kanker, dermatitis, dan sebagainya. Oleh karena itu, konsumsilah sayur ini supaya mendapatkan asupan tersebut sehingga kesehatan kamu semakin terlindungi.
9. Mencegah Terkena Asma

Asma merupakan gangguan pernapasan yang kerap dialami sebagian orang. Agar kamu kekebalanya meningkat, dan tidak terkena penyakit itu teraturlah memakan Wadung.Dalam hal ini beta karoten yang ada di dalam sayuran inilah yang membantu pencegahannya.
10. Memperkuat Struktur Tulang

Cukup tingginya vitamin K pada Wadung mungkin tak semua orang mengetahuinya. Padahal itu sangatlah bagus untuk membantu memperkuat struktur tulang. Untuk itu hindarilah resiko terkena osteoporosis dengan cara menggunakannya.

Komentar